Kelas Bilingual

Pengertian Bilingual

Bilingual adalah program dua bahasa untuk mata pelajaran Matematika dan Sains (IPA Biologi ,Kimia, dan Fisika) . Dalam program ini siswa berinteraksi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Selain ditujukan untuk memantapkan konsep Matematika-IPA (MIPA) siswa juga belajar untuk terampil mengkomunikasikannya dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.

Mengapa Bilingual

Era globalisasi telah memunculkan persaingan yang sangat ketat antar bangsa. Bangsa yang memiliki kemampuan bersaing akan memperoleh keuntungan dan sebaliknya bangsa yang tidak memiliki kemampuan bersaing akan menuai kerugian. Kemampuan bersaing sangat ditentukan oleh kekuatan faktor daya saing. Tiga faktor daya saing yang utama adalah :

  1. Manajemen
  2. Teknologi
  3. Sumberdaya manusia.

Manajemen yang tangguh akan mampu meningkatkan efisiensi biaya dan efektivitas hasil. Keunggulan teknologi hanya akan dapat dicapai melalui kepemilikan sumberdaya manusia yang kuat dalam penguasaan ilmu-ilmu yang mendasari teknologi, yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia, Biologi), dan bahasa global yaitu Bahasa Inggris. Keunggulan sumberdaya manusia akan menentukan kemenangan bersaing antar bangsa

Jenjang Sekolah

Diagram berikut ini menunjukkan posisi kelas bilingual dalam perjalanannya menuju sekolah bertaraf internasional atau SBI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas Bilingual merupakan salah satu persyaratan jenjang sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan SBI

Tujuan Program Kelas Bilingual

Adapun tujuan dibentuknya program kelas bilingual adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dalam MIPA.
  2. Menghasilkan lulusan yang mahir berbahasa Inggris
  1. Meningkatkaan penguasaan MIPA dalam bahasa Inggris sebagai ilmu dasar teknologi.
  2. Lulusan SMP kelas bilingual dapat melanjutkan ke SMA ungulan atau SMA SBI
  3. Menghubungkan Indonesia dalam pekembangan internasional di bidang MIPA, informasi dan teknologi.

Program Kelas Bilingual di SMP Negeri 2 Malang

Sejak Tahun Pelajaran 2005/2006 SMP Negeri 2 Malang menyandang kategori Sekolah Standar Nasional (SSN). Selama 3 tahun berturut turut mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat. Namun sejak Tahun Pelajaran 2008/2009, sekolah melanjutkan program SSN secara mandiri.  Dalam rangka meningkatkan jenjang sekolah berkategori RSBI dibutuhkan persyaratan yang cukup tinggi. Untuk itu  pada tahun ajaran 2009-2010 SMP Negeri 2 Malang mulai berbenah diri. Dari sisi SDM-nya, sudah ada 2 guru yang  bergelar S-2 dan sebagian guru yang lain masih menempuh program S-2. Beberapa guru TIK dan guru MIPA mendapatkan pelatihan khusus dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah di Jakarta. Disamping itu juga telah diadakan program pelatihan pembelajaran berbasis TIK dan pelatihan conversation bagi semua guru.

Saat ini sekolah membuka dua kelas bilingual yaitu kelas 7 I dan kelas 7 J. Masing-masing kelas terdiri dari 28 siswa yang telah lolos seleksi. Seleksi masuk kelas Bilingual dilakukan dalam beberapa tahap yang meliputi:

  1. Nilai UPM SD
  2. Nilai tes tulis dan wawancara Bahasa Inggris
  3. Nilai tes IQ
  4. Komitmen siswa
  5. Komitmen orang tua

Tahapan seleksi dilakukan agar diperoleh SDM siswa yang memiliki kompetensi unggul dalam setiap mata pelajaran, khususnya MIPA dan bahasa Inggris. Sudah barang tentu dukungan moril dan materiil dari orang tua diharapkan dapat membantu kelancaran program kelas bilingual.

 

Kurikulum Kelas Bilingual

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Sedangkan proses pembelajarannya berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Untuk itu disetiap kelas bilingual dilengkapi satu unit komputer, jaringan internet, LCD proyektor dan Layar. Dengan kelengkapan fasilitas tersebut maka setiap guru bisa menggunakan program presentasi “Powerpoint”, CD Pembelajaran, dan koneksi internet dalam pembelajaran.

Sistem pembelajaran yang digunakan terbagi menjadi dua. Secara konsep Mapel Matematika dan IPA tetap diajarkan dalam Bahasa Indonesia oleh guru yang bersangkutan sehingga siswa tetap dapat menguasai konsep secara baik tanpa terganggu oleh kesulitan bahasa. Sedangkan secara Bahasa ada tambahan mapel Math, Physic, Biology, dan Conversation yang diajarkan oleh guru pendamping yang mahir berbahasa Inggris, dengan menggunakan pendekatan komunikatif (Comunicative Approach). Hal ini bertujuan agar siswa berpartisipasi aktif dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan.

 

Struktur Kurikulum Kelas Bilingual

Struktur Kurikulum yang digunakan sama dengan struktur kurikulum kelas reguler ditambah  12 jam pelajaran plus dan program pendampingan bagi siswa sepulang sekolah.

No Mata pelajaran KTSP kelas 7,8,9 Kelas Bilingual
1 Agama

2

2

2 Pend. Kewarganegaraan

2

2

3 Bahasa dan Sastra Indonesia

4

5

4 Bahasa Inggris

4

5

5 Matematika (+ Math)*

4

6

6 IPA (+ Physic + Biology)*

4

8

7 IPS

4

4

8 Seni Budaya

2

2

9 Pendidikan Jasmani

2

2

10 Ketrampilan TIK

2

2

11 Pembiasaan (BK)

1

1

12 Muatan lokal:
Bahasa Daerah

2

2

13 Mapel Plus:
IMTAQ

1

1

Conversation*

2

ICT*

2

Jumlah

34

46

* : Khusus kelas Bilingual

 

Alokasi jam pelajaran (JP) dan Jadwal Tambahan

            Kegiatan belajar mengajar dimulai jam pertama (pukul 6. 40) dan berakhir sampai jam ke- 9 (pukul 13.45). Adapun alokasi jam pelajaran setiap hari adalah:

 

No Hari Alokasi Kegiatan
1 Senin 7 JP + Upacara jam ke-1
2 Selasa 9 JP
3 Rabu 9 JP
4 Kamis 9 JP
5 Jumat 5 JP + Sholat jumat
6 Sabtu 6 JP + Ekskul Pramuka jam ke 7

 

 

Hari

Pukul

Mapel

Tempat

Senin 13.00 – 14.20 Bahasa Arab / Kelas 7 H
Olympiade B. Inggris Kelas 7 G
Selasa 14.00 – 15.00 Pendampingan Kelas 7 I
Rabu 14.00 – 15.20 Qiro`ah Kelas 7 G
Kamis 14.00 – 15.00 Pendampingan Kelas 7 J
Jumat 11.00 – 12.00 Conversation Kelas 7 I
(Perempuan)
12.15 – 13.15 Conversation Kelas 7 J
(Laki – laki)

Susunan Pengurus Program Kelas Bilingual

No Nama Jabatan
1 Dra. Hj. Aniek Suryatiningsih Kepala Sekolah
2 Warih Sutji Rahayu, S.Pd. M.Pd Wakil kepala sekolah
3 Saiful Arif, S. Pd Urusan Kurikulum
4 Indra Sulistyaningrum, S. Pd Urusan Kesiswaan
5 Dra. Sri Sukanti Urusan Sarana dan Prasarana
6 Mudji Slamet, S. Pd Urusan Humas
7 Untung Budi Raharjo, S. Pd Ketua Program
8 Rullyana Kusumawardani, S. Pd Sekretaris
9 Tanti Eko Herlina, S. Pd Bendahara
10 Drs. Ahmad Aviv Nur Konsultan (Ketua Dewan Sekolah)
11 Devi Atmanegara Tata Usaha

 

 

Staf Pengajar Kelas Bilingual

No Mata pelajaran Guru Pengajar
1 Agama Islam Drs. M. Dja’far Shodiq
2 Pend. Kewarganegaraan Dra. Hj. Aniek Suryatiningsih
Warih Sutji Rahayu, S.Pd. M. Pd
3 Bahasa dan Sastra Indonesia Yudi Hariadi, S. Pd
4 Bahasa Inggris Dra. Sri Widati
5 Matematika Saiful Arif, S. Pd
6 IPA Fisika Harjono, S. Pd
IPA Biologi Sri Wilujeng, S. Pd
7 IPS Drs. Arif Rahman
8 Seni Budaya Bambang Rudi Prasetyobudi
9 Pendidikan Jasmani Haryono, S. Pd
10 Ketrampilan TIK Budi Purwanto, S. Pd
11 Pembiasaan (BK) Tutuk Kusumo Astuti, S. Pd
12 Muatan Lokal:
Bahasa Daerah Nike Kusumawati, S. Pd
13 Mapel Plus:
IMTAQ Drs. M Dja’far Shodiq
Conversation, Math, Physic, Biology Aan Fusi Wahyuni, S. Pd
ICT Budi Purwanto, S. Pd

 

 

Wali Kelas, Guru Pendamping, dan Pegawai Tata Usaha

  • Wali kelas 7i adalah Ibu Sri Wilujeng, S.Pd (guru IPA-Biologi).
  • Wali kelas 7j adalah Ibu Dra. Sri Widati (guru Bahasa Inggris)
  • Ibu Aan Fusi Wahyuni, S. Pd (sarjana Bhs. Inggris UM) sebagai guru pendamping yang mahir berbahasa Inggris sekaligus menguasai Matematika dan IPA
  • Ibu Devi Atmanegara sebagai pegawai tata usaha (TU) yang khusus menangani kelas bilingual

 

 

Sarana dan Prasarana Pendukung Kelas Bilingual

Disamping menggunakan sarana-prasarana yang sudah ada, maka kelas bilingual dilengkapi fasilitas tambahan yaitu:

  • Ruangan kelas yang cukup representatif .
  • Ruang Tata Usaha yang dilengkapi 2 unit komputer
  • Perpustakaan mini dilengkapi buku-buku berbahasa Inggris dan Indonesia
  • Setiap kelas dilengkapi satu unit komputer dan satu LCD Proyektor lengkap dengan layar
  • Setiap siswa memiliki loker pribadi.
  • Setiap kelas bisa akses internet dengan kecepatan yang memadai
  • Disediakan bahan pembelajaran berbahasa Inggris dan Indonesia
  • Disediakan CD dan software pembelajaran berbahasa Inggris dan Indonesia

 

 

Target Mutu

            Program Kelas Bilingual memiliki target mutu lulusan sebagai berikut :

  1. Siswa memiliki keunggulan dalam Iman dan Taqwa (IMTAQ).

Bagi yang beragama Islam bisa berkomunikasi dengan Bahasa Arab, dan bagi yang Nasrani bisa memberikan pelayanan pada temannya.

  1. Siswa bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
  2. Siswa memiliki nilai Mapel  (Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) di atas 75
  3. Siswa mahir mengoperasikan beberapa program aplikasi komputer dan internet.

 

Demikian gambaran Program Kelas Bilingual SMP Negeri 2 Malang. Sebagai lembaga pendidikan umum yang berdiri sejak tahun 1950, SMP Negeri 2 Malang menyadari panggilannya dalam hal pendidikan berkualitas, yaitu menjadi sekolah internasional yang unggul dalam iman dan taqwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Jalannya program pasti tidak lepas dari adanya kendala-kendala. Untuk itu perlu adanya dukungan dari segala pihak baik pemerintah, sekolah, guru, siswa, orang tua, maupun masyarakat yang peduli pada pendidikan, agar program yang dirintis mulai tahun ajaran 2009/ 2010 akan berhasil dan bisa ditindak lanjuti pada tahun mendatang.